Posted on

Kurang Minum Air Putih dapat Memicu Rasa Lapar

Air putih
Air putih

Obesitas atau kegemukan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Dan seperti yang pada umumnya diketahui kegemukan disebabkan oleh prilaku tidak sehat serta mengkonsumsi makanan yang berlebihan dan tak terkontrol yang dapat menyebabkan berat badan berlebih alias gendut. Ternyata keinginan untuk ngemil ini tidak munculserta merta selalu disebabkan oleh rasa perut yang lapar, namun dapat juga disebabkan oleh faktor lain yang bahkan tidak pernah kita duga seperti kurang nya mengkonsumsi minum air putih.

Pada saat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, tubuh akan seolah olah membuat rasa haus tersebut menjadi rasa lapar yang sangat mengagnggu. Tubuh yang dehidrasi atau kekurangan minum akan mengirimkan sinyal-sinyal reaksi yang membingungkan hypothalamus (bagian dari saraf otak yang berfungsi mengatur hormon nafsu makan), sehingga memunculkan perasaan untuk makan seperti mengunyah camilan padahal sebenarnya yang diperlukan tubuh hanyalah mengkonsumsi segelas air putih.

Pakar nutrisi Rhiannon Lambert, menyatakan bahwa, “60 persen dari tubuh kita adalah cairan yang dibutuhkan oleh sel-sel. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda bisa jadi mudah marah, lelah dan konsentrasi akan mudah hilang. Tapi perasaan itu seringkali disalah artikan otak sebagai kebutuhan untuk makan karena efeknya pun tidak beda jauh.”

Para ahli mengenai kesehatan tubuh sangat menyarankan untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan yaitu, minimal 1,5 sampai dua liter per hari. Air putih sebaiknya diminum tidak hanya saat Anda merasa haus, karena haus merupakan salah satu tanda dehidrasi ringan.

Konsumsi air putih secara teratur dalam sehari misalnya setiap satu atau dua jam sekali. Tidak disarankan apabila meneguk air putih dalam jumlah berlebihan sekaligus karena dapat mengganggu organ dalam tubuh terutama ginjal.

Cairan sebanyak 1,5 – 2 liter pun tidak harus selalu berupa air putih. Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang memiliki kandungan kadar air tinggi misalnya buah dan sayuran atau jus buah. Namun, sebaiknya perbandingan antara minum air putih dengan cairan lainnya, tetap lebih diutamakan mengkonsumsi banyak air putih.
Jika Anda bosan minum air putih yang tidak memiliki rasa, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan potongan lemon, jeruk atau mentimun agar memiliki cita rasa yang enak dan segar.

Semoga artikel Kurang Minum Air Putih dapat Memicu Rasa Lapar dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Please Share Artikel IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *