Posted on

Pengaruh Genetik Terhadap Faktor Resiko Kanker Payudara

kanker payudara
Pada dasarnya belum dapat dipastikan bahwa seorang wanita dapat mengembangkan penyebab kanker payudara dalam dirinya atau tidak. Namun ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kemungkinan berkembangnya kanker payudara. Beberapa faktor penyebab kanker payudara ini ada yang tidak dapat diubah karena faktor genetik. Setidaknya ada 8 faktor genetik yang menjadi penyebab kanker payudara yang wajib anda waspadai, beberapa diantaranya memang tidak dapat dicegah.
1. Jenis Kelamin
Faktor genetik yang satu ini sudah tentu tidak asing lagi. Benar sekali, wanita 100 kali lebih beresiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan pria.
2. Rekam Medik Keluarga
Apabila dalam riwayat keluarga yang di dalamnya terdapat kerabat dekat yang menderita kanker payudara atau kanker ovarium, kemungkinan besar terkena kanker payudara ini menjadi lebih tinggi.
Beberapa kasus kanker payudara tidak mengalami herediter atau diturunkan dalam keluarga, namun gen tertentu dapat meningkatkan resiko kanker payudara.
3. Riwayat kesehatan pribadi
Jika anda telah terdiagnosis terkena kanker payudara pada salah satu bagian payudara, maka kemungkinan besar faktor resiko akan meningkat pada payudara yang lain. Resiko juga sangat tinggi jika sebelumnya telah terdeteksi sel sel abnormal di sekitar payudara.
4. Usia Senja
Kanker payudara dapat timbul seiring dengan meningkat dengan usia. Sekitar 8 dari 10 kasus kanker payudara terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun dan kondisi ini paling banyak menyerang para wanita yang telah mengalami menopause.
5. Ras
Masalah ras mungkin perlu menjadi pertimbangan, dari data yang dihimpun dari National Breast Cancer, wanita dari keturunan eropa dan amerika lebih banyak terkena jenis kanker payudara.
6. Masa Menstruasi & Reproduksi
Jika anda telah mengalami menstruasi dini pada usia kurang dari 12 tahun dan menopause terlambat (lebih dari 55 tahun) kemungkinan lebih tinggi terkena resiko kanker payudara. Faktor lain adalah tidak memiliki anak dan melahirkan di usia yang cukup tua menjadikan resiko terkena kanker payudara lebih besar.
7. Kepadatan Payudara
Wanita memiliki payudara yang di dalamnya terdapat jaringan kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus). Jaringan payudara yang padat mengandung sel sel payudara yang lebih tinggi dan memungkinkan terjadinya kanker payudara karena lebih banyak sel sel yang dapat menjadi kanker.

Baca juga info menarik seputar obat alami kanker payudara. 

Penyebab kanker payudara dari faktor genetik ini diantaranya tidak dapat dicegah, beberapa diantaranya adalah kelamin, usia, ras, riwayat keluarga, riwayat kesehatan pribadi, menstruasi dini, dan telat masa menopause. Semoga artikel ini dapat meningkatkan kewaspadaan kita akan bahayanya penyakit kanker payudara yang menjadi momok menakutkan bagi kaum wanita.

sumber : www.breastcancer.org

Please Share Artikel IniShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *